Siapa Penemu Flashcard?

 

Ini dia Si Penemu Flashcard!

 

Siapa yang tidak tahu dengan Flashcard. Benda yang satu ini banyak digemari oleh guru sebagai media penyampaian bahan ajar serta disenangi oleh banyak anak-anak. Flashcard pada umumnya merupakan kumpulan kartu yang berisikan gambar, kata, dan simbol pada kedua sisinya. Flashcard menjadi salah satu metode yang paling efektif dalam belajar dan mengingat suatu informasi. Kita bisa menggunakan Flashcard untuk belajar di kelas, seperti belajar kosakata, angka dan topik lainnya.

Perkembangan yang pesat serta pengetahuan tentang manfaat Flashcard, banyak institusi pendidikan serta perusahaan percetakan memproduksi Flashcard dengan style mereka masing-masing. Namun adakah yang tahu siapa penemu Flashcard pertama kali?

Dia adalah Glenn Doman, seorang pendiri The Institute for The Achievement of Human Potential di Philadelphia pada tahun 1955. Glenn merintis bidang perkembangan otak anak dan menemukan metode belajar dengan bermain untuk menstimulasi otak anak agar berkembang lebih baik dengan menggunakan media yang disebut bits of intelligence atau lebih dikenal dengan Flashcard. Flashcard yang digunakan merupakan kartu yang bertuliskan dengan huruf latin berwarna merah. Menurut teori Glenn, mengajarkan balita atau anak usia dini membaca adalah dengan mengenalkan satu kata yang bermakna, sudah akrab pada pikiran anak atau sudah sering didengar dalam keseharian mereka. Ini akan membantu anak untuk lebih mudah dalam mengingat setiap kata melalui Flashcard.

 

Sejalan bukan dengan kegiatan yang dilakukan di kelas English biMBA for Kids?

Nah, di English biMBA dinamakan dengan Pic Cards yang merupakan kepanjangan dari Picture Cards yang merupakan kartu bergambar yang disusun secara tematik, jadi sangat menarik dan menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris sejak dini.

 

Sources:

https://en.wikipedia.org/wiki/Flashcard

www.vaniercollege.qc.ca

http://digilib.uinsby.ac.id

http://www.kartubacaflashcard.com

www.teachingenglish.org.uk