Mengajar dengan Bernyanyi?

English biMBA merupakan program yang menumbuhkan MINAT belajar anak terhadap Bahasa Inggris. MINAT yang diharapkan adalah MINAT belajar yang tumbuh secara instrinsik tanpa adanya paksaan. Dengan demikian perlu diterapkan kegiatan yang menyenangkan yang membuat anak tidak terbebani saat kegiatan berlangsung.
Bagaimana English biMBA menciptakan kegiatan yang menyenangkan tersebut? Salah satunya dengan metode bernyanyi yang secara tidak langsung mengajak anak bermain sambil belajar.

Artikel kali ini akan memaparkan alasan penggunaan kegiatan bernyanyi di English biMBA dan manfaat bernyanyi dalam meningkatkan MINAT dalam Bahasa Inggris.
Nah, bukan rahasia lagi bahwa anak-anak menyukai kegiatan bernyanyi. Bernyanyi merupakan perpaduan musik, lirik dan bahasa yang dapat manarik perhatian seseorang. Bernyanyi tidak hanya melibatkan kegiatan pendengaran bahkan mengajak orang untuk berinteraksi langsung seperti ikut bernyanyi dan menari. Pada pembelajaran Bahasa Inggris, pengulangan lirik dalam lagu dapat membantu anak dalam mengingat setiap kata yang terdapat di dalamnya. Secara tidak sadar dalam kegiatan bernyanyi mereka belajar mengingat dan menyebutkan kata dalam Bahasa Inggris.

Di English biMBA, anak-anak belajar mengenal kosakata dan cara pengucapannya dalam Bahasa Inggris. Dengan media bernyanyi anak akan dituntun untuk mengucapkan kosakata Bahasa Inggris dengan benar. Pengulangan dari lagu akan mengasah kemampuan daya ingat anak. Gerakan tari seperti menunjuk dan gambar dapat membantu anak mengartikan kosakata tersebut tanpa harus dijelaskan oleh motivator.

Kegiatan tersebut di atas membuat anak merasa nyaman dan senang tanpa terbebani dalam belajar. Pada akhirnya MINAT belajar anak dalam Bahasa Inggris akan timbul dengan sendirinya.

Lalu apa saja manfaat bernyanyi dalam belajar Bahasa Inggris?
1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan bahasa anak
2. Anak-anak akan lebih mudah memahami arti dan gambaran dari sebuah kata
3. Mengasah daya ingat anak karena adanya pengulangan serta anak berinteraksi langsung dengan lagu
4. Membantu anak menyebutkan kata Bahasa Inggris dengan benar dan juga penghafalan secara natural
5. Meningkatkan kemampuan sosial anak berinteraksi dalam grup
6. Memotivasi anak dari rasa bosan dalam belajar
7. Meningkatkan percaya diri anak

Sources:
http://www.tefl.net
http://www.songsforteaching.com
http://www.theschoolrun.com

(Gen)