Pentingnya Interaksi Antara Guru dan Murid

Interactive Dialogue oleh Miss Veby
Miss Veby sedang melakukan interactive dialogue kepada murid-murid english biMBA

 

English biMBA sebagai suatu lembaga pendidikan belajar Bahasa Inggris nonformal untuk anak usia dini yang berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI)-biMBA AIUEO. English biMBA menfasilitasi murid-murid biMBA yang ingin memiliki MINAT dalam belajar Bahasa Inggris sejak usia dini melalui empat metode yakni:

  1. Fun Learning
  2. Fun Singing
  3. Interactive Dialogue
  4. Theme-Based Learning

Pada artikel ini kita akan membahas metode ketiga yang diterapkan di English biMBA yaitu Interactive Dialogue. Mengapa Interactive Dialogue dijadikan sebagai salah satu metode di kelas English biMBA?

Interaksi antara guru dan murid di dalam kelas adalah bagian penting dalam proses belajar mengajar ilmu bahasa khususnya Bahasa Inggris. Menurut Richards dan Lockhart dalam buku mereka “Reflective Teaching in Second Language Classrooms” mengemukakan bahwa guru dapat melibatkan lebih banyak interaksi dengan siswa dengan topik umum atau mengkategorikannya menjadi berbagai sesi dalam pengajaran. Guru sebagai fasilitator dan motivator dapat menciptakan lebih banyak kegiatan interaksi di kelas. Kegiatan interaksi ini bisa berupa interaksi dari guru ke murid, murid ke guru, atau murid ke murid lainnya. Topik yang digunakan untuk berinteraksi bisa diambil dari topik-topik umum di sekitar atau menggunakan tema-tema pada proses belajar mengajar.

Menurut Ellis dalam bukunya berjudul “Understanding Second Language Acquistion”, metode interaksi di dalam kelas mudah mempengaruhi efektivitas proses belajar mengajar. Interaksi di dalam kelas menjadi salah satu indikator proses belajar mengajar dikatakan efektif. Interaksi yang diciptakan di dalam kelas juga dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam menumbuhkan minat murid-murid belajar Bahasa Inggris. Pengembangan kegiatan interaksi dalam kelas khususnya dalam proses belajar Bahasa Inggris dapat meningkatkan pemahaman anak sekaligus sebagai media pelatihan belajar Bahasa Inggris secara langsung di sekitarnya.

Metode Interactive Dialogue yang digunakan di English biMBA tidak hanya semata-mata berdampak pada kegiatan di kelas dan mempengaruhi pembelajaran dan pertumbuhan pemahaman Bahasa Inggris anak. Kegiatan ini juga dapat membentuk hubungan positif antara guru dan murid, murid dan murid lainnya serta membantu pertumbuhan koginitif, sosial, dan emosional murid. (Gen)

 

English biMBA!!

Shape Your Dream with Fun Learning

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *