Apa itu Pic. Card di English biMBA ?


Pada artikel sebelumnya berbicara tentang siapa penemu flashcard, benar kan?

Umumnya, anak-anak sangat mudah mengerti dengan objek yang nyata, belajar kata lebih mudah dibandingkan dengan tata bahasa, mereka suka pengulangan dan meniru serta secara fisik mereka sangat aktif (bermain, berlari dan bergerak).

Flashcard menjadi salah satu strategi dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak. Kenapa? Gelfgren (2012) dan Doublesbeiss (2011) menyatakan bahwa flashcard adalah cara luar biasa, menyenangkan dan sangat mendukung dalam menyajikan dan mempelajari kosakata.

Flashcard juga membolehkan pengulangan. Disamping itu, flashcard sangatlah jelas dan memiliki banyak warna, ini juga sangat cepat dan mudah untuk digunakan. Berdasarkan fakta diatas, English biMBA juga menggunakan flashcard sebagai media dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk anak-anak. English biMBA menmbuat flashcard mereka sendiri yang dinamakan dengan Picture Card atau Pic. Card. Jadi, apa itu Pic. Card sebenarnya di English biMBA dan bagaimana cara menggunakannya?

Pic. Card adalah media yang mudah dan juga menyenangkan dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Terdapat beberapa gambar atau objek di setiap tema/level. Gambar pada satu sisi dan kosakata serta symbol phonetic pada sisi lain.

Berdasarkan ukurannya, ada dua jenis Pic. Card di English biMBA. Apa saja? Yaitu Pic. Card dengan ukuran A5 dan A7.  Pic.Card ukuran A5 digunakan oleh motivator di dalam kelas untuk menyajikan pembelajaran dan ukurannya lebih besar sedangkan Pic. Card ukuran A7 diberikan kepada murid-murid untuk bermain dirumah.

Bagaimana menggunakan Pic. Card?
Terdapat teknis khusus dalam menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan flashcard di English biMBA yang disebut dengan Card Trick dan Sounding Trick. Motivator akan memberikan beberapa petunjuk atau tebak-tebakkan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa tentang gambar yang terdapat pada Pic. Card.

Setelah itu, setelah siswa dapat menebak gambar, mereka akan menyebutkan kosakata pada gambar dengan bernyanyi interactive song (What is it?). Selama kelas berjalan, motivator juga bias menggunakan Fun Interactive Games. Ada empat jenis dari Fun Interactive Games di English biMBa yaitu Hunting Card, Sharing Card, Dare Card dan Me and Card.

Pada Hunting Card, motivator menyebarkan Pic. Card dilantai, kemudian memanggil murid satu per satu untuk meraih Pic. Card setelah objek disebutkan oleh motivator. Sharing Card, murid memegang beberapa Pic. Card dan memberikan Pic. Card yang benar setelah motivator menyebutkan nama objek. Dare Card dimaksudkan bahwa motivator memberikan tantangan kepada murid untuk menyebutkan kosakata secara cepat ketika motivator menunjukkan Pic. Card. Me and Card, murid melakukan permainan peran sebagai seorang guru dan menunjukkan Pic. Card kemudian mengatakan kosakatanya kepada teman-teman.

English biMBA mempunyai flashcard sendiri, yang dinamakan dengan Pic. Card. English biMBA juga mempunyai kegiatan dan permainan interaktif yang menyenangkan sendiri dengan Pic. Card.

Find out more: English biMBA Tutorial

Sources:
Daubelbeiss, David (2011). Flashcards for Learning English. Ontario: Quizlet
Gelfgren, Veronica (2012). Fun with Flashcards. Swedish: Svenska Kulturfonden